Sektor Properti Masih Terus Menjadi Pencarian Utama di Jabodetabek

permintaan properti di OLX masih tinggi

Hunian di wilayah Jabodetabek masih menjadi pencarian yang banyak dilakukan banyak orang. Dalam situs iklan OLX, tercatat adanya 610.000 pencarian properti di setiap bulannya. Sedangkan penawaran setiap bulannya, hanya mencapai 335.000 yang berasal dari 92.000 penjual. Dari jumlah tersebut, 72.000 unit terjual setiap bulannya.

Hal itu disampaikan Ignasius Ryan Hasim, selaku Head of Real Estate OLX Indonesia, kepada pers dalam diskusi mengenai pasar properti di Jakarta, Rabu, 27 Februari 2019. Ia didampingi CCO OLX Indonesia Aung Iskandar dan Marketing Manager Citraland Cibubur (Bogor) Galih PS Putri.

Untuk rumah tapak, rasio supply dan demand tertinggi ada di Jakarta Timur, disusul Kota Bogor, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat. “Properti di Jakarta Timur sedang sunrise,” katanya. Sedangkan untuk apartemen, di Jakarta Barat, Kota Tangerang, Kota Depok, Kabupaten Tangerang, dan Kota Bogor. Sementara untuk kaveling tanah, di Kota Bekasi, disusul Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Tangerang.

“Rata-rata iklan penawaran apartemen (yang laku), closing (ditransaksikan) dalam 22 hari, rumah tapak 24 hari, dan kaveling tanah 26 hari. Jadi, kecepatan menjual properti (seken) di OLX sudah terbukti,” jelasnya. OLX berdiri sejak tahun 2005 dan diklaim sebagai e-commerce pertama di Indonesia.

Ia tidak bisa menyebutkan rentang tipe rumah tapak dan apartemen serta luas kaveling tanah yang paling diminati. Juga rentang harga rumah tapak, apartemen, dan kaveling tanah yang paling banyak dibeli, serta rata-rata usia konsumennya. Yang jelas untuk rumah tapak, rata-rata harga jualnya di OLX mulai dari Rp8 juta/m2 (Kabupaten Bekasi) sampai Rp17,2 juta (Jakarta Utara). Sedangkan untuk apartemen, Rp12,9 juta/m2 (Kota Bekasi) sampai Rp21,4 juta (Jakarta Selatan).

Pada kesempatan itu OLX memperkenalkan lini bisnis baru, iklan properti baru yang dikembangkan developer real estate. OLX akan menjadi digital partner yang mempromosikan properti-properti baru yang umumnya dipasarkan secara inden itu. Konsumen bisa mengakses informasi mengenai aneka pilihan properti baru itu di propertibaru.olx.co.id yang sudah aktif sejak enam minggu lalu.

“Sekarang cara orang mencari properti bergeser tajam ke online. Orang mencari informasinya di internet sebelum mendatangi lokasi proyeknya. Karena itu penting bagi kita untuk juga menjadi platform online untuk mengiklankan properti baru, bukan hanya yang seken,” jelas Igna. Berkaitan dengan pembukaan lini bisnis baru itu, OLX menggelar pameran OLX Property Expo di Mal Pondok Indah 1, Jakarta Selatan, 25 Februari–3 Maret 2019, menampilkan 14 proyek perumahan dan apartemen dari 13 perusahaan developer ternama. “Harga rumahnya mulai dari Rp500 juta, sedangkan apartemen mulai dari Rp200 juta,” katanya.