Solusi Rumah Tahan Gempa Telah Terbukti Efektif

Solusi Rumah Tahan Gempa Telah Terbukti Efektif

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menuturkan bahwa rumah anti gempa yang dibangun pemerintah bagi masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat pada tahun 2018 lalu telah menjadi solusi yang tepat.

Hal tersebut dibuktikan ketika kembali terjadi gempa beberapa hari yang lalu, rumah tahan gempa yang dibangun pemerintah masih tetap berdiri dengan kokoh. Sedangkan rumah lainnya yang tidak tahan gempa sudah menjadi reruntuhan.

Jokowi meninjau lokasi pencairan bantuan dana stimulan rumah rusak berat, sedang dan ringang di Gedung Hakka, Lombok Barat, NTB, hari ini.

Dia juga telah menginstruksikan kepada jajaran menterinya untuk mempercepat penyelesaian pembangunan rumah bagi warga terdampak gempa.

Meski begitu, Jokowi mengaku banyak pihak yang khawatir karena ada prosedur pencairan dana yang dilanggar sehingga berakibat hukuman pidana. Baik itu di level kabupaten/kota, provinsi maupun pemerintah pusat.

Namun, ia memastikan, prosedur pencairan yang berlaku saat ini sudah dipangkas menjadi empat tahapan dari sebelumnya 17 tahapan.

“Tetapi saya lihat tadi juga masih dari sini, ke sini, ke sini, ke sini, masih 4 tahapan. Tapi menurut saya sudah cepat,” Jokowi.

Ia pun berharap agar pembangunan seluruh rumah tahan gempa dapat segera rampung. Dengan begitu, masyarakat dapat segera kembali tinggal di kediamannya masing-masing dan menjalankan kehidupan seperti sedia kala.

“Kalau ada gempa ya rumahnya hanya goyang-goyang dikit tidak ada masalah, karena memang rumahnya rumah tahan gempa yang sudah dicek semuanya oleh Kementerian PU,” tuntas Jokowi.