Tips Agar Hewan Peliharaan Tidak Merusak Atau Membuat Rumah Bau

peliharaan merusak dalam rumah

Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing yang lucu sering dijadikan teman dalam rumah. Tidak sedikit dari pemilik rumah yang menginginkan hewan peliharaan tersebut. Namun hal yang sering terjadi yang membuat pemiliki rumah merasa geram adalah kerusakan pada furniture yang dilakukan oleh hewan peliharaan ataupun membuang kotoran sembarang tempat yang membuat bau ruangan rumah.

Itu adalah hal yang umum dilakukan oleh hewan peliharaan. Sudah menjadi konsekuensi bagi pemilik rumah jika terjadi hal tersebut. Karena itu anda tidak bisa menyalahkan hewan peliharaan anda atas apa yang dilakukan. Namun, terdapat beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengakali hal tersebut.

Pertama, untuk mengatasi furniture jadi penuh baretan cakar kucing, kamu dapat menutup bagian furnitur yang paling sering dicakar oleh hewan peliharaanmu dengan selotip, lakban, atau aluminium foil.

Kedua, sediakan media agar binatang kesayanganmu bisa menggaruk. Pada saat kucingmu misalnya menggaruk media yang kamu sediakan ini, respons dia dengan menggosok perutnya. Dia jadi merasa telah melakukan sesuatu pada tempatnya, sehingga besok dia tertib melakukannya.

Ketiga, bau tak sedap yang dimunculkan hewan peliharaan biasanya berasal dari tubuhnya, makanannya, atau tempat mereka buang kotoran. Kamu harus mengimbangi aroma tak sedap itu dengan membersihkan sumber baunya, sehingga bau gak menyebar ke seantero rumah. Mandikan hewan peliharaan secara berkala, atau membersihkan kandangnya. Kamu juga menyiasati bau hewan tersebut dengan beberapa cara berikut:

  • Minyak Esensial, Tuangkan perasan lemon dan minyak esensial ke dalam cangkir, kemudian campurkan dengan baking soda. Kocok hingga merata. Taburkan campuran ini ke area yang berbau kurang sedap, misalnya kandang hewan. Diamkan dan tunggu hingga mengering. Campuran ini sekaligus juga dapat menjadi penyegar ruangan.
  • Buah Jeruk. Kamu dapat mencoba membuat campuran dari lemon, kulit jeruk, gula, dan air. Didihkan campuran tersebut dan gunakan sebagai bahan semprotan untuk ruangan. Aroma segarnya bisa membantu menghilangkan bau tak sedap hewan peliharaan. Kamu juga dapat menyemprotkannya pada kandang.
  • Baking Soda dan Cuka. Campuran ini dapat digunakan sebagai penyegar udara yang alami. Bau yang berasal dari kain, furnitur, bahkan hewan bisa dihilangkan dalam seketika. Cukup tuang campuran tersebut ke dalam botol semprot, lalu semprotkan.