Trik Pembuatan Kolam Ikan Dalam Rumah Anda

trik membuat kolam ikan

Keberadaan kolam ikan memang tidak diharuskan pada setiap rumah, namun dengan adanya kolam ikan, anda akan menambahkan kesan dekoratif pada desain rumah anda. Seperti apapun kolam ikan yang anda inginkan sangatlah tergantung pada pemilik rumah. Namun seperti yang anda ketahui, dalam pembuatan kolam ikan tidak bisa sembarangan. Karena sebagai dekoratif yang sering terkena air, material yang digunakan juga harus tahan terhadap air. Berikut ini sudah kami bagikan trik-trik dalam pembuatan kolam ikan dalam rumah anda.

Buat pondasi dasar yang kokoh

Lantai kolam minimalis haruslah dibuat kokoh dan tahan bocor. Gunakanlah teknik cor untuk membuat pondasi yang kokoh menggunakan campuran material semen, pasir, dan kerikil. Jangan lupa untuk memasang lubang pembuangan air di dasar kolam. Lubang tersebut
digunakan untuk membuang air kotor ketika kolam dibersihkan dan dikuras.

Perhatikan pula dinding kolam

Selain struktur dasar, dinding kolam minimalis juga perlu diperhatikan ketahanannya. Agar mencegah kebocoran, pakailah campuran material cor yang sama dengan bagian lantai kolam. Untuk menambah keindahan kolam, Anda dapat melapisi bagian dinding minimalis
dengan keramik batu alam. Terapkan variasi motif dan warna pada bagian tersebut .

Buat sistem sirkulasi air yang mumpuni

Sirkulasi air pada kolam ikan turut pula memberi peranan penting. Dengan sirkulasi air yang baik, peliharaan ikan kesayangan akan hidup dengan sehat. Oleh karena itu, buat sistem sirkulasi air yang baik. Sistem sirkulasi air pada kolam minimalis terdiri atas pompa air dan alat penyaring (filter).

Sesuaikan kapasitas filter dengan volume air kolam minimalis. Untuk volume kolam minimalis sebesar 3 meter kubik, maka dibutuhkan filter dengan kapasitas 1 meter kubik.

Tambahkan elemen hijau sebagai unsur dekoratif

Meskipun kolam ikan minimalis tampil sederhana, akan tetapi tak mengurangi keindahan di sekitar area tersebut. Anda bisa menambahkan beberapa tanaman hias di sekitar kolam.
Contohnya tanaman perdu, alang-alang yang tumbuh lurus cocok untuk menghiasi sisi kolam minimalis.